November 23, 2011

Renaldy, Mantan Artis Cilik Transgender

Iseng-iseng buka Yahoo! OMG ada satu berita yang menarik mata saya sesaat setelah saya melihatnya. Judulnya "Renaldy, Artis Cilik Yang Memilih Menjadi Transgender". Weleh-weleh, kurang lebih itu ekspresi saya saat itu, apalagi ya yang terjadi di dunia ini? Setelah membaca artikel tersebut, barulah saya ingat bahwa Renaldy ini dulunya adalah seorang artis cilik yang lumayan tenar dan sering muncul di stasiun-stasiun televisi swasta pada tahun 90-an.

Dikutip dari Yahoo! OMG, inilah pernyataan yang terlontar dari mulut "Dena" ketika ditanya mengapa memilih untuk berganti gender.

It's a gradual phase. Saya selalu merasakan sesuatu yang berbeda sejak kecil. Katakanlah sejak lima tahun. I know it sounds so typical, tapi itulah yang aku rasakan. Tidak ada seorang pun yang benar-benar bisa merasakan apa yang aku rasakan. Let them talk!

Kalo dipandang dari perspektif hak asasi manusia sih, sah-sah saja untuk berganti gender, dari lelaki menjadi wanita, ataupun sebaliknya, dari wanita menjadi laki-laki. Namun, apabila kita sedikit mendelik dalam unsur kerohanian atau agamis, tentu hal ini merupakan hal yang dilarang. Mengubah sesuatu yang sudah diberikan oleh tuhan semenjak lahir dianggap sebagai tindakan "tidak mensyukuri" akan nikmat yang sudah diberikan.

Salahkah Renaldy? Toh, dengan berganti kelamin, tidak ada pihak tertentu yang dirugikan, mungkin itu yang akan dikatakan oleh kaum liberalis dan lainnya. Untuk hal ini, jujur saja saya tidak bisa memberikan sebuah penilaian. Berdasarkan pernyataannya tersebut, si doi memang sudah semenjak lama merasa tidak nyaman dalam "bentuk" kelaki-lakiannya. Dia merasa lebih bisa menikmati hidup ketika menjadi perempuan. Membayangkan diri sendiri dalam posisi seperti itu saja sudah membuat bulu kuduk saya merinding. Di sisi lain, sudah muak dan tidak betah dengan keadaan diri sekarang, namun disisi lain, takut untuk melakukan perubahan karena adanya tekanan dari norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat.

Satu hal yang saya salut dari Renaldy adalah, dia berani mendobrak batasan tersebut dan dengan terang-terangan mengambil sebuah keputusan, yang walaupun sulit, pastinya akan mengubah hidup dan cara orang sekitar memandangnya. Bukannya saya mendukung transgenderisasi. Kebulatan tekad dan keteguhan akan keinginan untuk menjalani hidup sesuai dengan yang kita inginkan tanpa kekangan, itulah yang ingin sampaikan. Dan hal ini yang sering tidak kita jumpai pada kebanyakan orang.

Hanya sebuah pendapat picisan dariku akan hal-hal yang menarik perhatianku.

10 komentar:

SLOVECH said...

baru tau saya kalo dia penyanyi cilik dulunya..

tapi memang benar sih, berganti gender sangat dilarang dalam agama

tapi kembali ke orangnya masing2 :D

http://slovech.us

Unknown said...

Selalu berkunjung sobat :)
Main k blog Ane ya gan

Klik 4information y gan :)

Komentar di tunggu sobat
Jangan lupa follow jga :) ( follow back )

Salam blogger

Anonymous said...

kunjungan gan,baru post ni

di tunggu kunjungan balik nya gan

Anonymous said...

berarti ini renaldy tukul kah yu wkaakakakak
kok baru tau gw ini penyanyi cilik

Unknown said...

Thanks agan-agan sudah mampir. Kunjungan balik ke blog anda? Jangan ditanya lagi itu sudah pasti :)

Unknown said...

@anonymous: klo nggak salah dia itu mantan personil KRUCIL yang dulu tayang di SCTV. klo mau liat fotonya pas masih kecil googling aja gan. banyak :)

Anonymous said...

sob,tukar link yuk?????hehehehe

Unknown said...

klo gak salah link agan sudah ada si sidebar ane, cek aja gan di KBW member. soalnya tiap orang yang follow saya di KBW saya taruh disitu linknya (biar gampang blogwalking ^_^)

agan donk... yang kasih ane backlink :)

outbound malang said...

keren. .
makasi infonya
salam sukses selalu

Brebes-Shop said...

ada ada aja ya orang cari sensasi

Post a Comment

Satu kata dari teman-teman pastilah sangat berarti bagi yang punya blog ini. Mari kita budayakan saling berkomentar dan saling mengunjungi blog sahabat secara rutin.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India